.

.

Sabtu, 08 Agustus 2015

Tema 1 Sub Tema 1 Muata Mapel Bahasa Indonesia

Laporan Investigasi

Materi:
Contoh laporan investigasi yang ditulis Udin.
Judul     : Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Tugas    : Mandiri
Metode   : Pengamatan dan Wawancara
Alat dan Bahan
1.  Buku
2.  Alat tulis
3.  Buku Referensi atau lainnya

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makan pokok di berbagai tempat, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh  menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.  Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin, ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.


Bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung. Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Soal:
Bersama temanmu, carilah informasi umum, fakta-fakta, dan kesimpulan dari laporan investigasi yang ditulis Udin.


Kunci Jawaban:
Struktur Laporan Investigasi.
Judul
Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Alat dan Bahan
Buku
Alat Tulis
Buku referensi atau lainnya

Informasi Umum
Jagung adalah salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan di berbagai tempat, juga di Indonesia.  Penduduk  Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu penghasil karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan kemudian, buah jagung dapat dipanen oleh
petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol itu, pada mulanya berupa sekuntum bunga jagung.

Fakta-Fakta dari Data yang Dikumpulkan
Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Ketika angin bertiup, tepung sari akan terbang terbawa angin. Sebagiannya, akan jatuh pada putik, yang terletak pada bagian bawah bunga. Ketika itulah terjadi pembuahan. Bunga jagung kemudian terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itu dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambutnya sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering apabila dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.

Kesimpulan
Agar jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian dari hasil panennya. Biji jagung yang telah tua ditanamnya kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.


2 komentar:

kelasku mengatakan...

Anak hebat, sudah paham tentang teks investigasi kan? Coba kalian ingat-ingat apa saja unsur yang terkandung dalam teks investigasi. Semoga sukses ya..

Miftahudin mengatakan...

mantappp...

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan