.

.

Minggu, 09 Agustus 2015

Tema 1 Sub Tema 1 Muatan Mapel IPS

Manusia dan Kondisi Geografis.
Bakau, Tumbuhan Penjaga Pesisir Pantai Bakau merupakan tumbuhan unik yang terdapat di muara sungai, daerah pasang surut, dan pesisir laut. Tumbuhan ini unik, karena memiliki ciri-ciri gabungan dari tumbuhan yang hidup di darat dan di laut.  Bakau memiliki akar napas, yang berfungsi menyerap oksigen dari udara. Ini merupakan cara adaptasi tumbuhan terhadap kondisi tanah yang miskin oksigen.

Keberadaan bakau di lingkungannya memiliki berbagai manfaat, antara
lain sebagai berikut.
1.  Melindungi pantai dari erosi dan abrasi
Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun-rumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang, sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.
2.  Menahan rembesan air laut ke darat.
3.  Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.
4.  Menciptakan udara psisir yang bersih dan segar. Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.
5.  Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan
bakau di pesisir pantai.
6.  Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.
Saat ini, terutama di kota-kota besar, keberadaan bakau di sekeliling garis pantai semakin menyusut. Hal ini disebabkan penebangan bakau secara berlebihan maupun akibat pengalihan hutan bakau menjadi area tambak, pemukiman, maupun area perindustrian. Oleh karena itu, perlu digalakkan
kesadaran masyarakat untuk merehabilitasi keberadaan tanaman bakau.

1 komentar:

kelasku mengatakan...

Anak sholeh, sudahkan kalian paham materi di atas? Semoga Allah SWT memudahkan kalian dalam belajar. Amiin

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan