Kamis, 06 Agustus 2015

Pendidikan Karakter di SDII Al Abidin (Bagian 2)

Ayah/Bunda, SDII Al Abidin telah menyusun program pembiasan ibadah dalam rangka memperkuat pembentukan karakter siswa. Berikut ini saya tuliskan beberapa program pembiasaan tersebut.

A. Wudhu
Dalam hal wudhu, beberapa hal yang harus diperhatikan siswa adalah terkait waktu (kapan siswa harus mulai berwudhu), tempat (di mana siswa boleh berwudhu), dan pelaksanaan wudhu (sudah ada buku pedoman tata cara wudhu untuk siswa)

B. Sholat
Dalam hal sholat juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan siswa, antara lain terkait waktu (jam berapa siswa sholat Dhuhur dan Asar), tempat (di mana siswa mengerjakan sholat berjamaah di sekolah), dan pelaksanaan sholat (sudah ada buku pedoman tata cara dan bacaan sholat untuk siswa)

C. Dzikir dan Doa
Untuk dzikir dan doa, karena ada banyak sekali ragam bacaan dzikir dan doa, maka SDII Al Abidin juga sudah membuat buku pedoman standarisasi bacaan dzikir dan doa untuk siswa.

D. Sholat Dhuha
Dalam hal sholat Dhuha, beberapa hal yang harus diperhatikan siswa adalah waktu (siswa kelas 6 adalah pagi hari sebelum pelajaran dimulai), tempat (di kelas masing-masing), dan pelaksanaan sholat dhuha (dilaksanakan sendiri-sendiri / munfarid)

E. One Day One Lembar (ODOL)
Ini adalah program pembiasaan untuk siswa yang sudah bisa membaca Al Quran (terutama kelas 6). Targetnya minimal siswa mengaji di sekolah 1 hari 1 juz. Waktu pelaksanaannya adalah antara jam 11.30 - 13.00 (menjelang dan sesudah sholat Dhuhur berjamaah). Tempat bebas, dan ada lembar kontrol untuk setiap siswa.

Demikian program pembiasaan ibadah, yang merupakan salah satu program di sekolah untuk menguatkan pencapaian pendidikan karakter positif bagi siswa. Semoga Ayah/Bunda berkenan mendukung suksesnya pelaksanaan program ini.


2 komentar:

kelasku mengatakan...

Ternyata tidak mudah menanamkan kebiasaan ibadah, walaupun di sekolah Islam. Perlu kerja sama dari semua pihak, terutama bapak/ibu guru di sekolah. Ayah/Bunda mohon dukungan di rumah ya.

zaini muharom mengatakan...

Benar, perlu kesabaran untuk menanankan kebiasaan ibadah pada siswa sekolah dasar. Perlu kesabaran guru..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan