.

.

Rabu, 05 Agustus 2015

Pendidikan Karakter di SDII Al Abidin (Bagian 1)

SDII Al Abidin adalah sekolah Islam yang memadukan antara kurikulum Diknas dan Kurikulum Islam. Berkenaan dengan pendidikan karakter, pada artikel kali ini akan kami sampaikan sebagian tentang pedoman pembelajaran dan pendidikan karakter siswa di SDII Al Abidin. 

Sekolah (dalam hal ini tim kesiswaan) telah membuat "TEMA" pendidikan karakter tiap bulan, dilengkapi dengan cakupan atau indikator pencapaiannya. Tema tersebut dijadikan ikon di setiap bulannya agar siswa-siswi memahami, dan mampu menginternalisasikan tema-tema tersebut pada dirinya dengan bimbingan guru di sekolah dan orang tua di rumah.

Ayah/Bunda, berikut ini adalah tema-tema pendidikan karakter setiap bulan di sekolah kita:

Januari (MANDIRI): mandiri dalam belajar, ibadah, dan kegiatan sehari-hari
Indikator: a) Membuat jadwal belajar (mematikan TV saat jam belajar); b) Beribadah, meliputi solat berjamaah dan tilawah tanpa diperintah; c) Mandi, makan, dan memakai baju sendiri; d) Menghindari menyuruh orang lain dalam melaksanakan/ menyelesaikan tugas pribadi

Februari (DISIPLIN): disiplin dalam berbagai hal
Indikator: a) Antri di kantin, di kelas, saat mengumpulkan tugas, dll; b) Datang ke sekolah tepat waktu; c) Berseragam lengkap

Maret (JUJUR): jujur dalam setiap ucapan dan tindakan
Indikator: a) Berbicara jujur; b) Tidak mencontek; c) Tidak mengambil yang bukan haknya, misalnya jajanan kantin, barang milik teman, dll

April (CINTA LINGKUNGAN): mencintai kelestarian lingkungan
Indikator: a) Merawat tanaman dan tumbuh-tumbuhan; b) Mengambil sampah yang ada di rumah, di sekolah, dan yang ditemui di jalan kemudian membuangnya ke tempat sampah; c) Segera menyampaikan kepada petugas kebersihan sekolah apabila ada kotoran yang susah dibersihkan

Mei (BERSIH DAN RAPI): menjaga kebersihan dan kerapihan diri
Indikator:  a) Toilet training (menyiram kloset minimal 7x setelah BAB/BAK; b) Mandi minimal 2x sehari, menggosok gigi, memotong kuku, dsb; c) Cuci tangan dengan benar setiap hendak makan dan setelah dari toilet; d) Memakai seragam dengan rapi; e) Merapikan loker dan ruang kelas; f) Merapikan alat solat setelah dipakai; g) Menjaga kerapian shof ketika solat; h) Ketika di aula kampus 1, sepatu/sandal ditaruh di loker dan tas dikumpulkan di tengah (tidak di jalan untuk lewat

Juni (PEDULI SOSIAL): peduli dan peka terhadap orang tua, teman, dan saudara
Indikator: a) Membantu teman dan orang tua yang membutuhkan bantuan; b) Mengingatkan teman yang salah; c) Silaturahmi dengan saudara; d) Mendahulukan orang lain (kecuali dalam ibadah); e) Mengajari teman yang susah dalam memahami pelajaran; f) Mensukseskan PEKA

Juli (TOLERANSI): menghargai perbedaan dan peka
Indikator: a) Hidup akur dengan teman-teman di kelas; b) Menjenguk teman yang sakit

Agustus (SOPAN SANTUN): sopan santun dalam berbicara dan berperilaku
Indikator: a) Tidak berteriak kepada orang yang lebih tua; b) Berbicara dengan sopan, lemah lembut, dan tidak berkata kasar/kotor; c) Berjalan pelan-pelan ketika lewat di depan orang yang lebih tua (agak membungkukkan badan); d) Memberikan salam terlebih dahulu/ bersalaman dengan guru (khusus level 4-6 putra-putri menyesuaikan)

September (BERSABAR): Menahan diri dari hal-hal yang merugikan diri sendiri
Indikator: a) Bersabar dan tidak marah-marah; b) Menghindari berantem dengan teman; c) Meminta maaf terlebih dahulu

Oktober (PERCAYA DIRI): Percaya diri untuk berbicara dan tampil
Indikator: a) Percaya pada kemampuan diri sendiri saat mengerjakan ujian ataupun tugas yang sifatnya individu; b) Berani bertanya kepada guru ketika ada yang belum dipahami; c) Berani menyapa dan berbicara dengan orang lain; d) Berani tampil di depan kelas  atau perlombaan

November (BERPRESTASI): Berprestasi dan menghargai kompetisi
Indikator: a) Bersemangat dalam kompetisi untuk memperoleh juara (juara kelas, atau dalam perlombaan); b) Menerima kekalahan dari hasil kompetisi, tetapi tidak putus asa; c) Menunjukkan akhlak yang baik sebagai siswa SDII Al Abidin di manapun berada

Desember (GEMAR MEMBACA): Membaca buku setiap waktu
Indikator: a) No gaming, yes reading; b) Membaca buku yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang; c) Membaca minimal satu buku dalam satu pekan

Demikian postingan kali ini, mari kita bersama-sama untuk menyukseskan pendidikan karakter yang bagus ini. Semoga siswa-siswi kita menjadi anak-anak yang sholeh-sholehah. Amiin


Referensi:
Buku pedoman pembelajaran dan pendidikan karakter siswa SDII Al Abidin, tahun 2015


3 komentar:

kelasku mengatakan...

Ayah/Bunda, bulan Agustus ini berarti kami sedang menanamkan karakter "sopan - santun" kepada anak-anak. Mohon dukungan ya, semoga berhasil

eureka-mijnblog mengatakan...

Matikan TV...dah bisa...mister...tapi...yang No Game Yes Reading...masih kalah dengan No Reading Yes Playing..Mister...Tapi ndak kurang akal...1 jam main game...= setoran 2-3 ayat juz 29...lumayan manjur...

zaini muharom mengatakan...

Siap mendukung program penanaman karakter di kelas Darussalam

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan