.

.

Sabtu, 08 Agustus 2015

Tema 1 Sub Tema 1 Muatan Mapel Matematika

Pecahan Biasa, Desimal, dan Persen

Ladang Sumber Kehidupan

Pak Umar memiliki ladang seluas 1.000 m2. Ladang tersebut merupakan sumber mata pencaharian Pak Umar dan keluarganya. Selain hasil dari menanam dijual, bahan makanan yang berasal dari ladang juga diolah untuk dimakan oleh Pak Umar dan keluarganya. Pak Umar dan keluarganya merawat tumbuhan di ladang dengan penuh kasih sayang. Pak Umar menanami 0,25 bagian dari ladangnya dengan kacang panjang, ¼  bagian ditanami pohon mangga, dan sisanya ditanami jagung.

Latihan Soal:

1. Tuliskan luas setiap bagian ladang Pak Umar dalam bentuk pecahan biasa, desimal, dan persen pada tabel !

Pada saat panen tiba, ladang Pak Umar menghasilkan 125,5 kg kacang panjang, 246,8 kg buah mangga, dan 145,25 kg jagung. Kemudian, Pak Umar menjual 95% dari total setiap jenis tanaman hasil panennya. Sisanya dikonsumsi untuk seluruh anggota keluarga Pak Umar. 

2. Dalam satu tahun Pak Umar tiga kali memanen jagung,  dua kali memanen mangga, dan empat kali memanen kacang panjang. Hitung total jumlah setiap jenis tanaman tersebut yang dijual dan dikonsumsi. Tuliskan dalam tabel !

Pak Umar menjual hasil panen untuk satu kg kacang panjang Rp1.500,00, satu kg mangga Rp2.500,00, dan satu kg jagung Rp1.250,00.

3. Berapa rupiah uang yang didapat Pak Umar dari hasil panen untuk semua jenis tanaman?


Kunci Jawaban:

1. Luas setiap bagian kebun dalam bentuk pecahan biasa, desimal, dan persen.








2. Total jumlah yang dihasilkan setiap jenis tanaman dalam satu tahun.









3. Uang yang didapat Pak Umar dari hasil panen semua jenis tanaman.


1 komentar:

kelasku mengatakan...

Matematika itu mudah, kan anak-anak? Ingat-ingat pesan mr Ady, ya. Tidak ada yang sulit jika kalian belajar sungguh-sungguh.

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan